Landasan Falsafah dan Teori Teknologi Pendidikan

8e5cb5a25d0e9917fccfdb3c5a253413Yang dimaksudkan dengan istilah “Falsafah” disini adalah rangkain pernyataan yang didasarkan pada keyakinan, konsepsi, dan sikap seseorang, yang menunjukan arah atau tujuan yang diambil. Rumusan ini sejalan dengan apa yang dikemukakan Ely (1980, H.81), dimana seseorang memberikan arti atas suatu gejala seobjektif mungkin. Usaha memberikan arti dalam tulisan ini didasarkan oleh pengalaman emperik atau sejumlah data yang diamati, jadi merupakan generalisasi dari berbagai gagasan yang berkaitan dengan rujukan tertentu. Pendekatan ini sengaja diambil dengan maksud untuk memperoleh pembenaran atau pengakuan akan gejala yang diamati, dan bukannya mengembangkan itu sendiri.
Sejumlah asumsi yang dijadikan dasar untuk menentukan gejala yang diamati dan/atau teori yang dirumuskan. Asumsi-asumsi itu diantara lain:
1. Ilmu dan pengetahuan berkembang dengan pesat dengan implikasi bagi kebanyakan orang untuk mengikuti perkembangan itu.
2. Pertambahan penduduk akan senantiasa terjadi meskipun dengan derajat perbandingan yang kian mengecil. Perkembanbangan penduduk ini membawa implikasi makin banyakya mereka yang perlu memperoleh pendidikan
3. Terjadinya perubahan-perubahan mendasar dan bersifat menetap dibidang sosial, politik, ekonomi, industri, atau secara luas kebudayaan, yang menghendaki reduksi atau pendidikan terus menerus bagi semu orang.
4. Penyebaran teknologi kedalam kehidupan masyarakat yang makin meluas masyarakat mengandung budaya teknologi, yang memengaruhi segenap bidang kehidupan, termasuk didalamnya bidang pendidikan.
5. Makin terbatasnya sumber -sumber tradisonal sehingga harus diciptakan sumber-sumber baru dan sementara itu memamfaatkan sumber yang makin terbatas itu secara lebih berbudaya guna dan berhasil guna. Termasuk dalam sumber tradisonal ini yaitu sumber insani untuk keperluan pendidikan.

PENDEKATAN FILSAFATI

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s